TEKNIK PEMILIHAN
MEDIA
DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA
A.
Alasan teoritis pemilihan media
Alasan pokok
pemilihan media dalam pembelajaran di dasarkan kepada konsep pembelajaran sebagai
sebuah sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas
sejumlah komponen yang saling terkaitan untuk mencapai tujuan. Pentingnya
pemilihan media dengan melihan kedudukan dalam pembelajaran dapat dilihat
dengan model sistem pembelajaran yang dikemukakan oleh Gerlach dan Eli.
B.
Alasan praktis pemilihan media
Menurut Arif
Sudiman
a.
Demonstration
b.
Familiarity
c.
Clarity
d.
Active Learning
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
A.
Kriteria umum pemilihan media
1.
Kesesuaian dengan tujuan
2.
Kesesuaian dengan fasilitas
3.
Kesesuaian dengan gaya belajar
4.
Kesesuaian dengan gaya materi
5.
Kesesuaian dengan gaya karakteristik siswa dengan teori
B.
Kriteria khusus
1.
Access
2.
Cost
3.
Technology
4.
Interactivity
5.
Organization
6.
Novelty
PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Prosedur dalam pemilihan media secara umum dalam 2 format, menurut Arif
Sadiman :
A.
Format pemilihan media
1.
Format howchart
Menggunakan sistem pengguguran atau eliminasi dalam pengambilan keputusan
jika salah satu beropsi tidak maka gugur dan berpindah kepada langkah
selanjudnya.
2.
Format matrik
Menggunakan proses keputusan pemilihan sampai semua kriterianya
dipertimbangkan
3.
Format cheklist
Mennangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriteria yang
dipertimbangkan.
Prosedur Pemilihan Model Assure
Menurut model ini apabila kita akan memilih media lakukan dengan mengikuti prosedur
sesuai tahapan ASSURE Untuk lebih jelasnya kita uraikan masing- masing kata tersebut.
A: Analisis Learner
Characteristics
Tahap pertama adalalah melakukan analisis
terhadap karakteristik siswa.
S: State
Objectives
Menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai.
S: Select Modify
or Design Materials
Kegiatan memilih
media, memodifikasi media yang sudah ada atau
merancang sesuai kebutuhan. Langkah ini dilakukan sesuai dengan langkah dua di atas yaitu penentuan tujuan/kompetensi
U: Utilitize
Materialas
Menggunakan media
yang telah dipilih sesuai dengan tujuan lalu media digunakan dalam
pembelajaran.
R: Require
Learner Respose
Mengamati respon
siswa terhadap penggunaan media pembelajaran.
E: Evaluate
Adalah tahap
terakhir dalam model assure dalam hal ini evaluasi diarahkan untuk mengukur penguasaan
siswa
terhadap materi yang diberikan dengan menggunakan media.
Prosedur Pemilihan Media Model Anderson
Komponen yang menjadi fokus perhatian adalah tujuan,
metode dan karakteristik media itu sendiri. Tujuan berkaitan dengan efektivitas
media yang dibuat, artinya baik atau tidaknya
sebuah
media
yang
dipiilih
dapat
dilihat dari ketercapaian tujuannya, semakin banyak tujuan pembelajaran tercapai maka semakin
baik media tersebut, begitu
juga sebaliknya.
Tahap –tahap pemilihan
media model anderson:
- menentukan karakteristik pesan yang akan disampaikan
- mengkaji bagaimana metode yang tepat sesuai dengan karakteristik pesan pembelajan
- Pesan pembelajaran perlu dianalisis lebih operasional terutama kaitannya dengan karakteristik tujuan
- menentukan media yang cocok dan sesuai dengan tujuan dan sesuai dengan karakteristik siswa
- Langkah terakhir adalah melakukan perencanaan untuk pengembangan dan produksi media.Evaluasi perlu dilakukan untuk mempertimbangkan lebih matang kelebihan dan kekurangan media yang telah menjadi pilihan.
- Langkah terakhir adalah melakukan perencanaan untuk pengembangan dan produksi media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar